Sunday, July 8, 2018

SPO Skrining Pasien


SKRINING PASIEN

NO.DOKUMEN


NO.REVISI


Halaman


Standar
Prosedur
 Operasional

Tanggal Terbit

Ditetapkan oleh:
Direktur 



Pengertian
Merupakan suatu rangkaian kegiatan penilaian awal terhadap pasien yang akan dirawat di RS.
Tujuan
Pasien yang dirawat di RS akan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan dan visi misi RS
Kebijakan

Skrining dilakukan pada kontak pertama untuk menetapkan apakah pasien dapat dilayani oleh RS (Sesuai Dengan SK Direktur RS  No. .. Tentang Kebijakan pelayanan Rumah Sakit )

Prosedur
Via telepon :
1.  Ucapkan salam “selamat pagi / siang / sore / malam, bapak / Ibu”.
2.  Tanyakan kebutuhan pasien “apa yang bisa saya bantu?”
3.    Ulangi pernyataan pasien sebagai tanda kita mengerti.
4.    Nilai dan putuskan apakah pasien dapat diterima untuk melakukan pemeriksaan awal atau tidak.
  • Jika penilaian kebutuhan pasien sesuai dengan sumber daya rumah sakit, maka pasien dapat diterima.
  • Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit, maka pasien diarahkan ke fasilitas kesehatan lain sesuai kebutuhan pasien.


Pasien Datang ke RS
1.  Ucapkan salam “selamat pagi / siang / sore / malam, bapak / Ibu”.
2.  Tanyakan kebutuhan pasien “apa yang bisa saya bantu?”
3.    Ulangi pernyataan pasien sebagai tanda kita mengerti.
4.    Nilai dan putuskan apakah pasien dapat diterima untuk melakukan pemeriksaan awal atau tidak.

  • Jika penilaian kebutuhan pasien sesuai dengan sumber daya rumah sakit lakukan triage.
  • Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit tetapi kondisi pasien tidak gawat pasien diarahkan ke fasilitas kesehatan lain sesuai kebutuhan pasien.
  • Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit tetapi kondisi pasien gawat, tangani kegawatan pasien terlebih dahulu kemudian dirujuk ke RS lain sesuai kebutuhan pasien
Unit Terkait
1. Admisi
2. Instalasi Rawat Jalan
3. Instalasi Gawat Darurat

DokumenTerkait
Dokumen Rekam Medis

No comments:

Post a Comment