KOMUNIKASI
EFEKTIF MENDORONG KETERLIBATAN
PASIEN & KELUARGA DALAM PROSES PELAYANAN
|
|||
No.
Dokumen :
|
No. Revisi:
|
Halaman:
|
|
STANDAR
PROSEDUR OPERASIONAL
|
Tanggal
Terbit
|
Ditetapkan
Direktur
|
|
PENGERTIAN
|
Memberi
komunikasi yang memuaskan dengan mendukung /memotivasi meningkatkan peran
serta pasien & keluarga dalam pelayanan medik & Proses Keperawatan di
Rumah Sakit.
|
||
TUJUAN
|
Setiap pasien dan keluarga untuk mempermudah
pengobatan dan mengetahui persetujuan / tidaknya serta perkembangan hasil
dari suatu tindakan / proses keperawatan dalam pemberian informasi dan
edukasi yang efektif di rumah sakit.
|
||
KEBIJAKAN
|
Keputusan
Direktur Rumah Sakit No
Tentang Komunikasi Efektif.
|
||
PROSEDUR
|
1. Tenaga Non
Klinik
a.
Penerima pasien pertama memberikan komunikasi
efektif kepada pasien dan keluarga
b.
Memberi dorongan kepada pasien & keluarga
untuk ikut peran serta dalam proses pengobatan pasien/proses keperawatan
c.
Memberi kesempatan pasien & keluarga
untukbertanya / mengungkapkan
d. Memberi penjelasan untuk perkembangan/hasil
pengobatan & perawatan didapatkan dari dimana tempat berada pasien &
keluarga dirawat.
e.
Beri reinforement/reward kepada pasien &
keluarga atas kerja samanya dalam proses keperawatan
2.
Tenaga
Klinik
a. Dokter / DPJP
1)
Dokter / DPJP memberi komunikasi efektif kepada
pasien & keluarga untuk mendukung proses pengobatan dalam bidang medik
2)
Dokter / DPJP Setiap rencana tindakan medik dalam
suatu tindakan khusus / yang berisiko memerlukan persetujuan/Tidak setuju
untuk di jelaskan sesuai rencana kepada pasien & keluarga
3)
Dokter / DPJP memberikan informasi edukasi yang
efektif sesuai keputusan pasien & kelaurga dalam proses pengobatan dan
proses keperawatan
4)
Beri kesempatan pasien & keluarga untuk
bertanya / mengungkapkan
5)
Dokter / DPJP menindaklanjuti hasil komunikasi
pasien / DPJP kepada tenaga perawat/tenaga kesehatan lainnya / tenaga non
klinik yang bekerja sama dengan dokter / DPJP.
6)
Beri reinforement/reward pasien & keluarga
atas kerja samanya dalam proses keperawatan
b. Tenaga Klinik : Perawat / Tenaga kesehatan
lainnya
1) Ruang Tindakan
/ Pemeriksaan Penunjang :
2) Perawat /
tenaga kesehatan lainnya member komunikasi efektif kepada pasien &
keluarga untuk mendukung proses pengobatan dalam bidang medik & proses
keperawatan
3) Perawat /
tenaga kesehatan lainnya menindaklanjuti dari dokter / DPJP sesuai Permintaan
pasien & keluarga untuk
menjelaskan dengan informasi dan edukasi kepada pasien & keluarga
4) Perawat /
Tenaga kesehatan lainnya memberikan penjelasan kepada pasien & keluarga
tentang pengisian formulir persetujuan
/ penolakan yang dipilih oleh pasien & keluarga sesuai standar.
5) Beri
kesempatan pasien & keluarga untuk bertanya / mengungkapkan
6) Arsipkan bila
ada formulir yang berhubungan dengan peran serta pasien & keluarga untuk
kelancaran penangan pelayanan kesehatan.
2.Ruang Rawat Inap : Perawat
a) Perawat Case Manager
bertanggung jawab atas kelolaan pasiennya untuk berperan serta pasien &
keluarga dalam proses keperawatan.
b) Perawat rawat
inap memberi komunikasi efektif kepada pasien & keluarga baru masuk
perawatan untuk mendukung proses pengobatan dalambidang medik & proses
keperawatan
c)
Setiap timbang terima pasien langsung kepasien
diberitahukan apa rencananya dalam proses keperawatan & rencana tindakan
medis yang sudah terprogram kepada pasien & keluarga
d)
Mintakan persetujuan pasien dalam peran serta
pasien & keluarga untuk proses keperawatan secara lisan / tertulis sesuai
standar yang ditetapkan
e) Setiap selesai
melakukan tindakan /hasil evaluasi diinformasikan pada pasien & keluarga
f) Bila ada
penolakan dalam proses keperawatan tulis dalam catatan terintegrasi dan beri
penjelasan dampak/efek tidak dilaksanakan tindakan keperawatan
g) Bila ada
penolakan tindakan dari invasif ( Pasang infus, NGT, Kateter, ambil darah
pemeriksaann laboratorium dan program dokter / pemberian obat oral/injeksi,
inhalasi dll ) anjurkan pasien/keluarga untuk mengisi formulir penolakan
sesuai standar yang ditetapkan
h) Arsipkan bila
ada formulir penolakan dari pasien & keluarga
i) Beri
reinforement/reward kepada pasien & keluarga atas kerja
samanya dalam proses keperawatan dan pelayanan Rumah Sakit
|
||
UNIT TERKAIT
|
Pasien atau Keluarga Pasien, Rawat
Inap, Rawat
Jalan, Ruang
Tindakan, Tenaga Kesehatan.
|
Sunday, July 8, 2018
contoh SPO komunikasi efektif
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment