Sunday, July 8, 2018

contoh SPO komunikasi efektif




KOMUNIKASI EFEKTIF MENDORONG KETERLIBATAN
PASIEN & KELUARGA DALAM PROSES PELAYANAN
No. Dokumen :
No. Revisi:

Halaman:

STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL
Tanggal Terbit

Ditetapkan
Direktur 



PENGERTIAN
Memberi komunikasi yang memuaskan dengan mendukung /memotivasi meningkatkan peran serta pasien & keluarga dalam pelayanan medik & Proses Keperawatan di Rumah Sakit.
TUJUAN
Setiap pasien dan keluarga untuk mempermudah pengobatan dan mengetahui persetujuan / tidaknya serta perkembangan hasil dari suatu tindakan / proses keperawatan dalam pemberian informasi dan edukasi yang efektif di rumah sakit.
KEBIJAKAN
Keputusan Direktur Rumah Sakit  No  Tentang Komunikasi Efektif.
PROSEDUR
1.    Tenaga Non Klinik
a.    Penerima pasien pertama memberikan komunikasi efektif kepada pasien dan keluarga
b.    Memberi dorongan kepada pasien & keluarga untuk ikut peran serta dalam proses pengobatan pasien/proses keperawatan
c.    Memberi kesempatan pasien & keluarga untukbertanya / mengungkapkan
d. Memberi penjelasan untuk perkembangan/hasil pengobatan & perawatan didapatkan dari dimana tempat berada pasien & keluarga dirawat.
e.    Beri reinforement/reward kepada pasien & keluarga atas kerja samanya dalam proses keperawatan
2.    Tenaga Klinik
a.    Dokter / DPJP
1)    Dokter / DPJP memberi komunikasi efektif kepada pasien & keluarga untuk mendukung proses pengobatan dalam bidang medik
2)    Dokter / DPJP Setiap rencana tindakan medik dalam suatu tindakan khusus / yang berisiko memerlukan persetujuan/Tidak setuju untuk di jelaskan sesuai rencana kepada pasien & keluarga
3)    Dokter / DPJP memberikan informasi edukasi yang efektif sesuai keputusan pasien & kelaurga dalam proses pengobatan dan proses keperawatan
4)    Beri kesempatan pasien & keluarga untuk bertanya / mengungkapkan
5)    Dokter / DPJP menindaklanjuti hasil komunikasi pasien / DPJP kepada tenaga perawat/tenaga kesehatan lainnya / tenaga non klinik yang bekerja sama dengan dokter / DPJP.
6)    Beri reinforement/reward pasien & keluarga atas kerja samanya dalam proses keperawatan
b.    Tenaga Klinik : Perawat / Tenaga kesehatan lainnya
1)    Ruang Tindakan / Pemeriksaan Penunjang :
2)    Perawat / tenaga kesehatan lainnya member komunikasi efektif kepada pasien & keluarga untuk mendukung proses pengobatan dalam bidang medik & proses keperawatan
3)    Perawat / tenaga kesehatan lainnya menindaklanjuti dari dokter / DPJP sesuai Permintaan pasien &  keluarga untuk menjelaskan dengan informasi dan edukasi kepada pasien & keluarga
4)    Perawat / Tenaga kesehatan lainnya memberikan penjelasan kepada pasien & keluarga tentang  pengisian formulir persetujuan / penolakan yang dipilih oleh pasien & keluarga sesuai standar.
5)    Beri kesempatan pasien & keluarga untuk bertanya / mengungkapkan
6)    Arsipkan bila ada formulir yang berhubungan dengan peran serta pasien & keluarga untuk kelancaran penangan pelayanan kesehatan.
      2.Ruang Rawat Inap : Perawat
a)    Perawat Case Manager bertanggung jawab atas kelolaan pasiennya untuk berperan serta pasien & keluarga dalam proses keperawatan.
b)    Perawat rawat inap memberi komunikasi efektif kepada pasien & keluarga baru masuk perawatan untuk mendukung proses pengobatan dalambidang medik & proses keperawatan
c)    Setiap timbang terima pasien langsung kepasien diberitahukan apa rencananya dalam proses keperawatan & rencana tindakan medis yang sudah terprogram kepada pasien & keluarga
d)    Mintakan persetujuan pasien dalam peran serta pasien & keluarga untuk proses keperawatan secara lisan / tertulis sesuai standar yang ditetapkan
e)    Setiap selesai melakukan tindakan /hasil evaluasi diinformasikan pada pasien & keluarga
f)     Bila ada penolakan dalam proses keperawatan tulis dalam catatan terintegrasi dan beri penjelasan dampak/efek tidak dilaksanakan tindakan keperawatan
g)    Bila ada penolakan tindakan dari invasif ( Pasang infus, NGT, Kateter, ambil darah pemeriksaann laboratorium dan program dokter / pemberian obat oral/injeksi, inhalasi dll ) anjurkan pasien/keluarga untuk mengisi formulir penolakan sesuai standar yang ditetapkan
h)    Arsipkan bila ada formulir penolakan dari pasien   & keluarga
i)      Beri reinforement/reward kepada pasien                & keluarga atas kerja samanya dalam proses keperawatan dan pelayanan Rumah Sakit



UNIT TERKAIT
Pasien atau Keluarga Pasien, Rawat Inap, Rawat Jalan, Ruang Tindakan, Tenaga Kesehatan.

No comments:

Post a Comment