Thursday, November 8, 2018

JENJANG KARIR PERAWAT



1.    Pengertian
Jenjang karier merupakan system untuk meningkatkan kinerja dan professionalism, sesuai dengan bidang pekerjaan melalui peningkatan kompetensi (Depkes, 2008) Dalam pengembangan system jenjang karir professional dapat dibedakan antara pekerjaan (job) dan karir (career).
Pekerjaan diartikan sebagai suatu posisi atau jabatan yang diberikan , serta ada keterikatan hubungan antara atasan dan bawahan dan mendapat imbalan uang.
Karir diartikan sebagai suatu jenjang yang dipilih individu untuk dapat memenuhi kepuasan kerja perawat  dan mengarah vpada keberhasilan pekerjaan sehingga pada akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap bidang profesi yang dipilihnya.
2.     Prinsip Pengembangan
a.  Kualifikasi
Kualifikasi dimulai dari perawat dengan Pendidikan DIII Keperawatan.
b.  Penjenjangan
Penjenjangan mempunyai makna tingkatan kompetensi untuk melaksanakan asuhan keperawatan.yang akuntabel dan etis sesuai dengan batasan kewenangan praktik dan kompleksitas masalah klien.
c.   Penerapan asuhan keperawatan.
Fungsi utama perawat klinik adalah memberikan asuhan keperawatanlangsung sesuai standar praktik dank ode etik.
d.  Kesempatan yang sama
Setiap perawat klinik yang bekerja di rumah sakit mempunyai kesempatan yang sama untuk meningkatkan karir sampai jenjang karir professional tertinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3.    Standar profesi.
Perawat yang bekerja di rumah sakit dalam memberikan asuhan keperawatan mengacu pada standart praktek dank ode etik keperawatan.
4.     Penjenjangan Karir  Professional Perawat Klinik
a.    Perawat Klinik I (novice)
Perawat lulusan D III keperawatan memiliki pengalaman kerja 2 tahun atau Ners dengan pengalaman keja 0 tahundan memiliki sertifikat PK –I.
b.    Perawat Klinik II (Advence Beginer)
Perawat lulusan D III keperawatan memiliki pengalaman kerja 5 tahun atau Ners dengan pengalaman keja 3 tahun dan memiliki sertifikat PK –II.
c.    Perawat Klinik III (Competent)
Perawat lulusan D III keperawatan memiliki pengalaman kerja 9 tahun atau Ners dengan pengalaman keja 6 tahun atau Ners Specialis dengan pengalaman kerja 0 tahun dan memiliki sertifikat PK –III. Bagi lulusan D III  yang tidak melanjutkan S1 tidak dapat melanjutkan ke jenjang karier PK – IV.
d.    Perawat Klinik IV
Perawat lulusan Ners dengan pengalaman keja 9 tahun atau Ners Specialis dengan pengalaman kerja 2 tahun dan memiliki sertifikat PK –IV. UNTUK Ners Konsultan dengan pengalaman kerja 0 tahun.
e.    Perawat Klinik V (expert)
Perawat klinik V adalah ners specialis dengan pengalaman kerja 4 tahun atau ners specialis konsultan dengan pengalaman kerja 1 tahun dan memiliki sertivikat PK –V.
f.     Penjenjangan Karir  Professional Perawat Manajer
1)  Perawat Manajer  I
2)  Perawat Manajer  II
3)  Perawat Manajer III
4)  Perawat Manajer  IV
5)  Perawat Manajer  V


No comments:

Post a Comment